My Fiancée Is A Secret Agent

18:04 Fasiha Fatmawati 0 Comments


Blurb

Radisti Putri Mahesa, seorang desainer muda yang berbakat, cantik, menarik, dan juga cerdas. Ia adalah satu-satunya anak perempuan di keluarga Mahesa, sebuah keluarga yang berpegaruh di Indonesia. Tak heran jika sikapnya terkadang manja dan sangat jail.
Tetapi di balik kehidupan keluarganya yang bahagia dan karir desainernya yang cemerlang, ia mempunyai kehidupan lain yang tidak diketahui siapa pun termasuk keluarganya. Kehidupan yang tak pernah disangka-sangka....
Paundra Pratama Danubrata adalah putra kedua dari keluarga terpandang, keluarga Danubrata. Dia memiliki wajah yang tampan, pintar, dan berwibawa. Sikapnya yang sangat mandiri membuat dirinya tidak suka terhadap semua perempuan manja.
Ketika keduanya dipertemukan melalui pertemuan yang tidak disengaja, apakah mereka akan saling cocok satu sama lain? Atau mungkin lebih dari itu?

***


Judul buku: My Fiancée Is A Secret Agent
Penulis: Mayya Adnan
Penerbit: Elex Media Komputindo
Tahun terbit: 2015
ISBN: 9786020265155
Jumlah halaman: 324

***

Review novel My Fiancée Is A Secret Agent

My Fiancée Is A Secret Agent adalah novel jebolan Wattpad yang pertama kali saya baca. Novel karya Mayya Adnan ini mendapat ribuan pembaca di Wattpad, terakhir saya lihat kemarin adalah 2,1 juta pembaca. Wow! Hal ini menjadi salah satu alasan saya membaca novel ini dengan asumsi "Wah, sudah banyak sekali yang baca. Pasti keren ini novelnya". Sebenarnya judul asli novel ini di Wattpad adalah "Lie to Me", tapi sebelum diterbitkan kemudian diganti judul menjadi "My Fiancée Is A Secret Agent". Bisa baca sebagian ceritanya disini, tapi beberapa bagian memang sudah dihapus penulis dari Wattpad. Mayya Adnan sendiri sudah menghasilkan beberapa karya yang sudah diterbitkan, seperti "The Proposal of Love" dan "Sweet Disaster". Maaf sekali kakak, saya belum sempat membacanya ^^v

Sayang sekali pengetikan novel ini kurang bagus alias banyak typo. Baru membaca sepuluh halaman pertama, sudah terdapat empat halaman yang di dalamnya terdapat kesalahan ketik. Dan bahkan dalam satu halaman, saya bisa menemukan dua kesalahan ketik! Ini betul-betul mengganggu kesyahduan membaca saya. Halah.. Tapi memang begitu adanya. Meskipun mayoritas penyebab kesalahan ini hanya karena kurang spasi, dan saya tetap bisa membacanya, tapi tetap terasa mengganjal. untung saja semakin ke belakang, kesalahan ketiknya semakin sedikit.
Nah, harapannya, seandainya nanti ada proses cetak ulang, novel ini harus dicek lagi pengetikannya. Penting ini.. hehe..biar pembaca nyaman gitu.. Secara cerita ini sudah diterbitkan, oleh penerbit besar pula, jadi bukan lagi sembarang tulisan yang cuma dipublish di aplikasi Wattpad.

Meskipun begitu, alur cerita yang menarik bisa membuat saya memaafkan banyaknya typo. Penceritaan tokoh Radisti dan Pratama membuat saya bisa membayangkan dan tersenyum-senyum ketika mereka pertama, eh kedua kalinya juga bertemu dengan cara yang sama lagi: bertabrakan. Penulis ini bisa banget membuat Radisti dan saya jatuh cinta juga dengan Pratama gara-gara sosok dan sikap Pratama yang gentleman bangeet.. Menarik sekali menyimak cerita keduanya. Apalagi dengan sosok Radisti yang menjadi seorang agen sehingga apa yang dilakukan harus serba rahasia. Lanjutan ceritanya seperti menjadi makin misterius. Dan mungkin, ternyata nggak  cuma Radisti yang memainkan sebuah rahasia?

Penulisan cerita dalam novel ini menggunakan tiga sudut pandang: Author, Radisti, dan Paundra a.k.a Pratama. Sebetulnya saya lebih suka kalau novel ini ditulis dengan sudut pandang Radisti dan Paundra saja, atau malah sekalian orang ketiga serba tahu, alias sudut pandang penulis. It's kinda weird membaca cerita yang ditulis sudut pandang "Author". Well.. baru pertama kalinya memang saya baca novel dengan P.O.V yang begini. Oya dan saya sebetulnya bertanya-tanya.. mengapa ketika akan menceritakan sudut pandang Pratama, harus pake judul "Paundra a.k.a Pratama".. Nggak Paundra aja gitu.. meskipun Paundra ini ngakunya sebagai Pratama, tapi dia menyebut dirinya sendiri sebagai Paundra. Kan ini sudut pandangnya Paundra 😆😆

"Hal apa yang bisa membuat kita lebih bahagia selain menikmati hari bersama orang-orang tercinta?" (hal 51)
Yup. Saya suka sekali kalimat pembuka subbab 6 ini. Saya juga orang yang sangat menghargai saat-saat bersama dengan keluarga. Menyenangkan sekali melihat suasana ketika anggota keluarga saling bercengkrama, saling menggoda. Dalam novel ini, Radisti dan saudara-saudaranya terlihat sangat akrab dan hangat. Meski kadang saling mengejek, menggoda, yaa biasa lah kakak adik, tapi mereka saling menyayangi. Cerita Radisti dan saudara-saudaranya ini membuat novel ini lebih seru untuk dibaca.. pas sekali. Tidak berlebihan sampai mengganggu alur cerita namun tetap pas untuk diceritakan.

Pada awal membaca novel ini, memang Mama Radisti sudah memaksa Radisti untuk segera menikah karena kedua kakaknya sudah. Dan ternyata, Radisti pun tidak lepas dari sebuah acara perjodohan keluarga. Yaah.. nggak seperti kisah Siti Nurbaya juga sih.. dan perjodohan yang terjadi pun bukan karena adanya urusan politik maupun perusahaan. Radisti dari awal menolak, bahkan betul-betul tidak mau tahu siapa yang akan dijodohkan dengan dia. Walaupun pada akhirnya ia menerima  perjodohan hanya demi kedua orangtuanya.

"Aku meraih handphone-nya dan jantungku kembali melompat-lompat. Foto itu ... foto Radisti yang aku kenal. Oh my God ..."
Oh my God..! Begitu kata Pratama ketika melihat foto Radisti, gadis yang ingin dijodohkan dengannya oleh orangtuanya. Disini saya ikutan ber-Oh my God! 😄😄 ternyata.. Pratama yang tadinya ogah-ogahan karena mau dijodohkan.. mungkin jadi mau? Ah sayangnya Disti belum tau kalau yang mau dijodohkan adalah Pratama yang udah dikenalnya.. Coba kalau tahu, pasti langsung mau.. etapi nanti novelnya langsung tamat. Hihihi.

Well.. Kembali ke kisah cinta Radisti dan Paundra. Kalau saya bilang sih penulis "cukup" berani menuliskan adegan dewasa. (Perasaanku aja atau memang di novel-novel sekarang memang gitu?) Tidak banyak memang, karena kisah cinta mereka yang tarik ulur. Selain itu kisah mereka juga menggemaskan. Disti yang keras kepala, cuek, namun mandiri, bisa tidak berkutik ketika menghadapi Paundra. Dengan Paundra yang sabar dan penuh perhatian pada Disti, dan pandai menggoda! bagaimana Radisti tidak meleleh hatinya? :D Pasti cewek-cewek lain juga sih kalau ada cowok keren memberikan senyuman yang selalu menawan. Nah yang menggemaskan adalah sering adanya kesalahpahaman di antara mereka berdua ini. Gimana nggak gemasss... kalau ada apa-apa mah langsung ditanyakan saja ke yang bersangkutan gitu loh.. malah pada diem-dieman tapi kangen. wkwk. Sering banget ini dua orang salah paham gara-gara komunikasi yang nggak beres.

Novel yang saya kira berakhir setelah sepertinya Radisti dan Pratama bisa menerima satu sama lain, ternyata tidak. Justru ketika mereka sudah berbaikan, masalah baru kembali muncul. Belum diselesaikan, Disti harus segera pergi untuk urusan pelatihan agen-agen rahasia. Hingga akhirnya terkuak suatu rahasia yang sangat mengagetkan mereka berdua, terutama Radisti. Terbukanya rahasia tersebut ternyata malah semakin menjauhkan mereka berdua.

"Ia tahu semua tak akan mudah. Namun ia yakin akan bisa menjalani semuanya. Cinta sejati bukan mencari kesempurnaan tetapi mengubah yang ada menjadi sempurna." (hal 304)

Cerita bertema cinta dan perjodohan dari dua keluarga kaya dan terkenal mungkin sudah menjadi hal yang biasa. Yang membuat novel ini sedikit berbeda adalah penulis memasukkan bumbu politik di dalam alur cerita. Memang sangat terkait dengan pekerjaan tokoh sebagai agen untuk menyelidiki beberapa kasus. Beberapa peristiwa politik  yang terjadi di Indonesia, seperti pencalonan presiden dan penyadapan, juga sempat disebutkan dalam novel ini. Meskipun aroma politik yang dituliskan cukup sederhana, tapi mampu membuat novel ini menjadi menarik. Bahkan direktur yang membawahi agen-agen ini adalah orang yang sebelumnya tidak saya duga.

Overall, cerita dalam novel ini cukup menarik untuk dibaca, cuma masih banyak typo-nya aja yang mengganggu. Untuk menghadirkan tokoh Pratama yang saya suka, menggambarkan kehangatan keluarga dan juga memberikan cerita yang menarik, bagi saya novel ini 🌟 🌟 🌟 🌟 

Dan saya akhiri tulisan saya dengan kalimat penutup novel My Fiancée Is A Secret Agent:
"Mungkin benar bahwa kita tak akan tahu apabila jodoh kita sudah tiba. Jodoh adalah ketentuan Tuhan. Kita sebagai manusia hanya berusaha, namun kepastiannya hanya Ia yang tahu. Jodoh pasti bertemu ... dan waktulah yang akan menjawah apakah ia adalah orang yang benar tercipta untukmu?"

You Might Also Like

0 komentar: