Love, Lemon, and The Last Kiss

08:15 Fasiha Fatmawati 0 Comments


Blurb


Meski Delia tergila-gila lemon yang kecut, tapi urusan kisah cinta, ia penggemar kisah cinta supermanis. Buat Delia, cerita tentang kesetiaan dan ketulusan Ardan merawat dan mendampingi istrinya masuk ke kategori kisah supermanis.

Namun, ketika kekaguman terhadap kisab Ardan yang manis itu perlahan berubah menjadi cinta, Delia terjebak dalam dilema.

Delia menekan perasaannya dalam-dalam terhadap Ardan dan memutuskan menerima cinta Reza yang gigih memperjuangkannya. Delia belajar satu hal: kisah cinta sejati tak selalu berjalan mulus dan manis. Seperti lemon yang kecut tapi menyehatkan, ujian kesetiaan membuat nilai cinta menjadi lebih berharga.

***


Judul Buku: Love, Lemon, and The Last Kiss
Penulis: Ida Ernawati
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama
Tahun terbit: 2015
ISBN: 978-602-03-1608-6
Tebal buku: 192 halaman

***

Review novel Love, Lemon, and The Last Kiss

Pertama yang saya lihat adalah judul dari novel ini. Love, Lemon, and The Last Kiss. Yang terbayang adalah rasa asemnya lemon.. akan seperti apa cerita dalam novel ini.. Dan memang yaah... banyak hal yang berbau lemon di novel ini.

Membaca beberapa halaman awal, saya melihat bahwa penulis ini mampu mendeskripsikan suatu hal, dengan detail.. Entah mengenai tokohnya, atau latar tempat cerita berlangsung. Sangat detail, membantu pembaca dalam membayangkan cerita di novel. Hanya mungkin memang ada satu dua penulisan kata yang salah.

Pada awalnya, feeling saya ketika membaca novel ini adalah biasa-biasa aja. Datar... Kurang memainkan emosi alias nggak bikin baper πŸ˜‚ *ehh. Saya pikir ini alur ceritanya juga terlalu cepat. Menghabiskan banyak halaman untuk mendeskripsikan hal-hal yang bersifat komplemen. Tapi untuk peristiwa yang diceritakan memang lebih difokuskan pada ujian kesetiaan dan kebimbangan dari tokoh. Mungkin ini sebabnya, saya cenderung nggak suka sama tokoh utama cerita ini, yaitu Delia.

Ini si mbak, kagum sama lelaki bernama Ardan dari cerita orang, nggak pernah berinteraksi, tau-tau udah dianggap jatuh cinta gitu.. terus terjadilah hal yang tak terduga. Saya jadi penasaran, sebenernya apa sih yang dirasakan Ardan?

Untungnya ada tokoh Reza. Saya paling suka dengan Reza. Okelah.. dari awal kemunculannya itu baik, almost perfect lah. Reza ini so sweet, romantis, cinta banget dengan Delia. Dan ini juga yang bikin saya kasihan sama Reza karena seakan jadi pelariannya Delia dari Ardan.

Setelah kemunculan Reza, mulailah ada scene yang saya suka. Yaitu ketika Reza melamar Delia. Konsepnya itu loh, dengan memanfaatkan lemon kesukaan Delia.. Hmm.. jadi pengen... *ups. Hehe
Lalu saya juga suka bagian teman-teman Delia menyiapkan batu-batu untuk ditulisi ucapan selamat pernikahan lalu dibuat semacam akuarium.. Intinya sebagai pengingat di hari nanti.. Ini ide boleh juga sih πŸ‘πŸ‘ Kalau saya sih suka.. πŸ˜†

Saya juga suka dengan tokoh Iyar, teman Delia. Dia ini benar-benar sebagai tokoh yang bisa menunjukkan kalau apa yang Delia lakukan itu salah. Dia juga yang selalu menguatkan Delia. Nggak seperti Anya.. awalnya nampak baik, sebagai sahabat Delia.. tapi lama-lama ketahuan juga Anya ini tukang kepo πŸ˜…πŸ˜…

Ada pesan Iyar buat Delia yang bagus menurut saya:
"Seharusnya, cinta itu bisa mendewasakan seseorang. Itu kalau orang itu siap untuk jatuh cinta. Seharusnya cinta menjadi sesuatu yang bisa diperjuangkan. Itu pun kalau seseorang siap dan benar-benar siap untuk jatuh cinta. Makanya jangan meremehkan jatuh cinta."
By the way, saya agak nggak menyangka kalau ternyata ending dari buku ini bagus sekali.. Secara awalnya kurang greget gitu.. Really unpredictable.. Bagaimana Delia yang tadinya seakan menjadi wanita yang mudah tergoda, hingga menjadi Delia yang mampu mempertahankan kesetiaan cintanya. Endingnya so sweet.. mengharukan.. bagus.. sangat dianjurkan untuk ditiru..

Coba baca surat yang ditulis oleh Reza untuk Delia. Benar-benar membuat terharu 😒 Ini Reza jadi lelaki kok memahami banget, ikhlas, nerima apa adanya.. duh.. mbak Del, beruntung sekali punya suami seperti Reza.

Meskipun tadinya Ardan ini kucap sebagai lelaki yang goyah oleh Delia, ternyata dia tetap setia dengan cintanya untuk istrinya. Ardan bahkan bilang ke Delia:
"Berusahalah untuk setia. Setia ketika pasangan kita baik-baik saja, itu biasa. Tapi setia ketika ada hal khusus yang terjadi pada pasangan kita, itu hanya untuk orang-orang yang berkelas. Dan aku yakin, kamu adalah perempuan yang berkelas."
Well, novel ini memang banyak mengajarkan tentang kesetian. Ujian terhadap kesetian sepasang kekasih.. Bagaimana kita harus mampu menghadapi godaan dan menerima bagaimanapun kondisi pasangan kita.

Untuk ending dan pesan bagus yang disampaikan, mungkin dari skala 5 versi saya, novel ini skornya 🌟🌟🌟 deh.

Sebagai penutup, ada pesan dari Ibunya Delia:
"tidak akan berhasil kalau kamu mencari seseorang yang sempurna. Nggak akan ada. Cari laki-laki yang bisa memperlakukan kamu seolah kamu orang yang sempurna."
Hmmm... syappp Ibu... ini juga lagi proses... πŸ˜‚πŸ˜‚


0 komentar:

Cinder (The Lunar Chronicle #1)

12:43 Fasiha Fatmawati 0 Comments


Identitas buku



Judul buku: Cinder (The Lunar Chronicle #1)
Pengarang: Marissa Meyer
Tahun terbit: 2012
Jumlah halaman: 395 
ISBN : 978-1-4668-0011-3
Genre: Fantasi, science fiction, remaja

***

Review novel Cinder, The Lunar Chronicles #1

Aaaah... akhirnya selesai juga baca novel ini.. :3

Baiklah, ini adalah postingan pertama saya yang membahas tentang sebuah buku. Kayaknya boleh juga kalau aku bikin review buku-buku yang kubaca. At least, bisa buat catatan buat diri sendiri.

Oke, jadi buku yang saya baca ini berjudul "Cinder". Sudah terbitan beberapa tahun lalu hehe. Dan sudah tahu novel ini dari lumayan lama juga sebenarnya. Cuma, memang saya nih yang telat bacanya karena baru merasa tiba-tiba merasa pengen baca buku ini. Banyak yang bilang bagus. Hihi. Kebetulan genre novel ini adalah science fiction, genre yang memang aku suka dari jaman kecil dulu jamannya film Spy Kids 😁

Saya mau komen dari cover bukunya dulu. Cover buku ini oke menurutku, simple, dengan warna black and red. Paduan warna yang saya suka. Tak jauh-jauh dari Cinderella yang identik dengan sepatu kacanya, cover buku ini menggambarkan kaki Cinder dalam heels merah, dengan sedikit transparansi yang menanmpakkan tulang-tulang logam dari kaki Cinder. Awalnya saya sendiri kurang ngeh, baru ketika membaca bagian "Cinder melepas kaki", hah? melepas kaki? Lalu saya melihat cover buku ini. Ooooh jadi ini "kaki" Cinder yang menjelaskan bahwa dia seorang cyborg.

Cinder ini lah tokoh utama dalam novel ini. Cinder seorang gadis yang pekerjaannya menjadi seorang mekanik robot, di New Beijing. "Ayah" yang mengadopsinya sudah meninggal, jadi ia ditinggalkan bersama ibu tiri juga dua saudara tiri. Cinder ini lah yang mesti bekerja cari uit. Judulnya aja "Cinder", jadi nggak heran kalau yang kepikiran pertama kali adalah tokoh Cinderella. Ada tokoh Pangeran, Pangeran Kai namanya. Ada pesta dansa juga yang gosipnya ajang Pangeran untuk mencari jodoh πŸ˜„

Jadi, garis besar cerita di Cinder mirip-mirip dikit lah sama cerita Cinderella.


“Even in the future the story begins with once upon a time.” 

Bedanya, kalau Cinderella itu manusia, Cinder ini adalah cyborg.

Selain itu, cerita ini jelas lebih kompleks. Dengan latar cerita dunia modern, dimana manusia hidup bersama cyborg dan android, tapi masih melibatkan makhluk mitos. Setting kehidupan sebagai cyborg ini juga kali ya yang bikin penasaran, pengen baca selanjutnya, dan selanjutnya..

Baru halaman awal-awal, sudah senyum-senyum bayangin ketika Cinder dan Pangeran bertemu pertama kali.. Apalagi waktu Cinder dikira seorang laki-laki sama Pangeran πŸ˜‚πŸ˜‚ Secara, kerjanya jadi seorang mekanik...
By the way, mulai dari awal baca buku ini, banyak sekali pertanyaan-pertanyaan yang muncul di kepala. Cinder kan cyborg, emang bisa nanti nikah sama Pangeran Kai? Pangeran Kai tau nggak yah kalo Cinder itu cyborg ? Hubungannya sama Lunar apa? Apa Lunar ini yang perannya sebagai "ibu peri" buat Cinder?

“Do your kind even know what love is? Can you feel anything at all, or is it just... programmed?”

Pokoknya meskipun ketika awal-awal baca novel ini bakalan kebayang sama tokoh Cinderella, tapi eksekusi konflik sampai endingnya bener-bener bagus. Asli bikin tegang ketika sudah masuk konflik. Cuma mungkin di bagian pesta dansanya ada hal-hal yang standar lah.. Saya pikir kedatangan Cinder ke pesta bakalan lebih mengagetkan dan mencengangkan. Memang nggak ada sih bagian Pangeran Kai jadi so sweet sama Cinder, apalagi bikin melting. Padahal itu bagian yang kutunggu-tunggu.. dan sampai sekarang pun aku masih bertanya-tanya bagaimana perasaan Pangeran Kai buat Cinder yang sebenarnya.

Dan yang bikin sedih itu waktu Pangeran Kai bilang ke Cinder:
“You’re even more painful to look at than she is.”
*she ini maksudnya si Ratu jahat. 😒😒 
Hiks, You don't know Prince, you don't know the truth..

Overall, novel ini bagusss... indikatornya adalah, saya bisa baca novel ini cover to cover. This book keeps me interested. Dan endingnya.... sesuatuk banget. Lagi seru-serunya baca dan halamannya habis, bikin nggak sabar pengen baca novel berikutnya...

Wkwk penasaran kan yah.. πŸ˜„πŸ˜„ Baca sendiri aja lebih seru πŸ˜€ Pokoknya ini novel menguji imajinasi dan membuat bertanya-tanya bagaimana cerita selanjutnya.

Jadi dari 5 bintang, saya beri 🌟🌟🌟🌟🌟 deh. Recommended buat dibaca 😊

Last quote from this book:
“We have the ability to love each other, no matter our differences. To help each other, no matter our weaknesses.” 

Btw, ini sebenarnya postingan dari blog-saya yang Sweet Smile to The World tapi saya repost buat nyobain blog baru ini. hihi.

Oya, novel seri Lunar Chronicle ini deleted scene-nya loh.. isinya tentang beberapa bagian yang nggak ada di buku terbitan. Nah, Marissa Meyer, penulis novel ini, beberapa waktu lalu mempublish scene ini dan saya udah post juga di blog saya. Bisa cek sini yak πŸ‘‰πŸ‘‰ Lunar Chronicles Deleted Scene #1

0 komentar:

[Master Post] Indonesian Romance Reading Challenge 2017

12:27 Fasiha Fatmawati 0 Comments


Indonesian Romance Reading Challenge 2017

Hai.. 😊

Masih awal Januari 2017, masih ada waktu untuk merancang kegiatan yang bakal dilakukan selama tahun 2017. Salah satunya, nih,, ada reading challenge, lebih spesifiknya Indonesian Romance Reading Challenge, alias banyak-banyakan baca buku Indonesia bergenre romance.
Untuk IRRC 2017 ini diadakan Mba Rizky sama Mba Asri.

Bisa cek info lebih lengkap di blog Ky's Book Journal - nya Mba Rizky atau di blog Peek a Book - nya Mba Asri yaa... πŸ’ͺπŸ˜†

Kalau di IRRC ini ada 5 level yang bisa diikuti sesuai banyak buku yang mau dibaca di tahun ini. Apa aja..?
Fling : 1 - 10 buku
First Date : 11 - 25 buku
Going Steady : 26  - 40 buku
Engaged : 41 - 50 buku
Married : >50 buku

Coba tebak aku ikut level mana? Ya jelas Fling lah... πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚
Sebenarnya cocok juga nih baca genre romance.. mesti baperable. wkwkwk.
Anyway, ada beberapa yang perlu saya note di challenge ini., terutama syarat buku-bukunya..

  • PENGARANG orang Indonesia.
  • Jumlah HALAMAN minimal 150.

Well, kalau teman-teman, berapa banyak target buku yang mau dibaca tahun ini? 😊

0 komentar:

[Master Post] Wattpad Novel Reading Challenge 2017

11:35 Fasiha Fatmawati 0 Comments


Wattpad Novel Reading Challenge


Belakangan ini, saya baru seneng-senengnya, semangat-semangatnya baca buku (baca: novel). Bukan hobi baru sebenernya, hanya akhir tahun 2016 kemarin, pas banyak hari libur, jadilah keinginan membaca novel itu meningkat drastis. Padahal tahu banget kalau yang dibaca harusnya buku-buku referensi buat tugas akhir. Wkwkwk. Tapi apalah daya, diriku hanyalah seorang manusia biasa yang mudah tergoda oleh hal-hal yang menyenangkan =))

Mulai dari borong novel, browsing buku-buku bagus, login akun goodreads yang udah lamaaaaaa banget nggak dibuka, sampai akhirnya nemu blog Peek a Book - nya Mbak Asri ini. And for the first time, nyobain ikut give away buku diadain di blog itu. Hihi..

Terus beberapa hari yang lalu, Mbak Asri nge-post WNRC 2017 ini alias Wattpad Novel Reading Challenge 2017. Intinya adalah berapa banyak novel dari Wattpad yang bisa dibaca selama tahun 2017 ini. Baru tahu ini sih sebenarnya kalo ada challenge ginian. Yah, saya mah apa, taunya Sayang, eh Samyang Challenge. Wkwkwk.

Penasaran lah saya, lalu coba baca rules-nya. Syarat-syaratnya gampang lah ya.. kebetulan, aplikasi Wattpad ini sudah lama nganggur di hp. Kan dulu waktu download, mayan buat tambah-tambahan baca kalau lagi nggak ada kerjaan.. Hehe. Tapi realitanya? Jarang buka. Soalnya... bingung mau baca cerita yang mana =)) banyak bangettt... Maunya kan baca yang emang udah pasti bagus gitu loh. πŸ˜✌
Tapi dari challenge ini, baru tau juga kalau ternyata sudah banyak novel Wattpad yang diterbitkan..

Oke, fix! Saya mau coba ikut challenge ini.

Ada beberapa level sih di challenge ini. Jadi level yang mau diikuti nanti tergantung banyak novel yang mau dibaca.
First Date : 1 - 5 buku
Going Steady : 6 - 15 buku
Engaged : 16 - 25 buku
Married : >25 buku

Yah, berhubung masih newbi, saya mau nyobain First Date dulu deh. Wkwk. Nggak usah muluk-muluk daripada cuma jadi balon, meledak, DUARR! πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚ Nanti kalo cocok, baru lanjut ke level berikutnya.

Yuk ikutan juga. Baca rules-nya lebih lengkap, Cuss! klik link ini πŸ‘‰πŸ‘‰πŸ‘‰ WNRC 2017

Last, kebiasaan membaca itu sangat bagus. Perlu ditumbuhkan sejak dini.





So, why don't you read? πŸ™‚

0 komentar: